AKD / AKL - Izin Edar Alat Kesehatan
AKD / AKL adalah Izin Edar untuk Alat Kesehatan / Perangkat Medis. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2017 Tentang Izin Edar Alat Kesehatan, bahwa Alat Kesehatan yang diproduksi oleh Produsen, dan / atau diimpor oleh PAK atau importir yang akan diedarkan di wilayah Negara Republik Indonesia, berdasarkan penilaian terhadap keamanan, mutu, dan kemanfaatan.
Adapun Izin Edar Alat Kesehatan / Alkes sendiri terbagi atas dua kategori yaitu AKD dan AKL. Apa perbedaan Izin tersebut, berikut uraiannya.
-
AKD (Alat Kesehatan Dalam Negeri) - AKD adalah instrument, apparatus, mesin dan / atau implan yang tidak mengandung obat. Digunakan untuk mencegah mendiagnosis, menyembuhkan dan meringankan penyakit, merawat orang sakit, memulihkan kesehatan pada manusia, dan / atau membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh, yang di buat atau diproduksi sendiri di dalam negeri.
-
AKL (Alat Kesehatan Luar Negeri / Impor) - AKL adalah instrument, apparatus, mesin dan / atau implant yang tidak mengandung obat. Digunakan untuk mencegah mendiagnosis, menyembuhkan dan meringankan penyakit, merawat orang sakit, memulihkan kesehatan pada manusia, dan / atau membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh, yang dibuat oleh negara luar dan kemudian diimpor ke dalam negeri untuk di daftarkan izin edarnya
Persyaratan Pengurusan Perizinan ini
- AKTA Perusahaan
- IDAK (Izin Distribusi Alat Kesehatan) jika Izin Edarnya Distributor bukan Produsen
- NIB RBA dengan KBLI sesuai dengan bidang usaha yang akan didaftarkan
- Surat Kontrak Kerjasama dengan Produsen, jika Izin Edar yang akan didaftarkan adalah distributor
- Sertifikat ISO 9001:2015 dan ISO 13485:2016
- Penjelasan / Deskripsi Produk
- Sertifikat atau tanda terima Merek / HAKI
- Material / Komponen bahan baku
- Proses Produksi
- Spesifikasi Produk
- Sertifikat Uji (COA - Certificate of Analisys atau QC Pass)
- Desain Kemasan Produk
- Buku Manual dalam bahasa Inggris dan Indonesia
- Kode Produksi
- Daftar Pendukung Produk baik Tipe, ukuran, warna)
- Prosedur Penanganan Keluhan Pelanggan